Selasa, 13 Juni 2017

Tentang Aki




Aki atau Storage Battery adalah sebuah sel atau elemen sekunder dan merupakan sumber arus listrik searah yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Aki termasuk elemen elektrokimia yang dapat mempengaruhi zat pereaksinya, sehingga disebut elemen sekunder. Kutub positif aki menggunakan lempeng oksida dan kutub negatifnya menggunakan lempeng timbale sedangkan larutan elektrolitnya adalah larutan asam sulfat.

Saat Aki Mengeluarkan Arus
1. Oksigen (O) pada pelat positif terlepas karena bereaksi /bersenyawa / bergabung dengan hidrogen (H) pada cairan elektrolit yang secara perlahan-lahan keduanya bergabung / berubah menjadi air (H20). 2. Asam (SO4) pada cairan elektrolit bergabung dengan timah (Pb) di pelat positif maupun pelat negatif sehigga menempel dikedua pelat tersebut. Reaksi ini akan berlangsung terus sampai isi (tenaga baterai) habis alias dalam keadaan discharge.

Saat Baterai Menerima Arus
Baterai yang menerima arus adalah baterai yang sedang disetrum /dicas alias sedang diisi dengan cara dialirkan listrik DC, dimana kutup positif baterai dihubungkan dengan arus listrik positif dan kutub negatif dihubungkan dengan arus listrik negatif.

Perubahan Kimia Pada Saat Pelepasan Muatan Listrik
Aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain. Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif.

Perubahan Kimia Pada Saat Pengisian Muatan Listrik
Pada proses pengisian muatan listrik, kembali terjadi proses reaksi kimia yang berlawanan
dengan reaksi kimia pada saat pelepasan muatan.

Ketahanan Aki
Aki Minimal untuk Inverter. Agar output mengeluarkan watt yang sama dan bisa maksimal maka membutuhkan minimal ampere aki yang sesuai dengan type watt.

Pengisian Aki
Untuk inverter yang kami gunakan telah dilengkapi sensor Tegangan bias aki, artinya bila aki telah terisi penuh Voltage aki = Voltage Charger maka charger otomatis akan menghentikan proses charge. Untuk arus listrik yang mengalir ke aki bila kita menggunakan charger aki proses pengisian perlahan -lahan akan turun bila aki mencapai nilai ambang dari charger dan charger akan menghentikan proses pengisian bila aki telah penuh.

Pengisian aki dalam keadaan kosong itu memerlukan waktu 13 jam. lamanya pengisian aki dikarenakan pengisian aki pada inverter hanya 5000 mAh kita bisa menghitung berapa lama
pengisian aki dengan rumus :
Apabila spesifikasi inverter untuk charger sebesar 5000 mAh = 5 Ah maka untuk pengisian aki
tergantung dari ampere aki. Apabila aki 12 V 65 Ah maka 65 Ah / 5 Ah = 13 jam

Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar